5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kanker Paru-Paru pada Orang Dewasa

  • Whatsapp
5-kebiasaan-yang-bisa-memicu-kanker-paru-paru-pada-orang-dewasa
Foto: Canva.com pro

Masyarakat yang hidup di era modern memiliki risiko terpapar kanker paru-paru lebih tinggi dibandingkan beberapa dekade lalu. Perubahan gaya hidup yang semakin bebas membuat orang abai terhadap kesehatan diri sendiri. Selain itu, pencemaran lingkungan menjadi penyebab penyakit bisa berkembang lebih cepat.

Kebiasaan Buruk yang Picu Kanker Paru-Paru

Kanker bisa menyerang siapa saja tanpa peduli latar belakang baik balita dan anak atau orang dewasa. Namun, kanker paru-paru menyerang orang dewasa yang produktif lebih tinggi. Ada kebiasaan buruk masyarakat Milenial yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker semakin cepat dan ganas yaitu :

Read More

1. Paparan asap mobil

Orang yang sering terpapar asap mobil, misalnya sopir, mekanik atau orang yang bekerja di sektor ini, lebih rentan mengalami masalah pernapasan. Zat karbon monoksida dan hidrokarbon yang keluar dari mesin mobil bisa menyebabkan keracunan. Udara kotor di jalanan bisa menjadi alasan utama kenapa seseorang bisa mengidap penyakit berbahaya ini.

2. Merokok aktif dan pasif

Penyebab utama seseorang memiliki diagnosa kanker paru karena kebiasaan menghisap nikotin setiap hari. Perokok aktif memiliki peluang terkena kanker paru-paru, sedangkan perokok pasif memiliki risiko yang tak kalah tinggi. Tidak hanya membunuh diri sendiri, Anda ikut membunuh orang-orang tercinta di sekitar.

Apalagi Anda yang punya balita dan anak dibawah umur, wajib merokok di luar rumah dan mengganti pakaian yang terpapar zat nikotin.

3. Terkena paparan radium dan asbes

Kebiasaan berada di rumah atau ruangan yang terpapar radium bisa membahayakan kesehatan organ vital Anda. Hal ini juga berlaku bagi pekerja yang aktif di pabrik tekstil, pertambangan, galangan kapal, dan lain-lain yang bersinggungan dengan asbes.

4. Paparan karsinogen

Tak hanya radium dan asbes yang berpotensi menyebabkan kanker paru, paparan karsinogen bisa memberikan risiko yang tidak kalah berbahaya. Anda yang bekerja di tempat pembuangan asap diesel atau perlu bersinggungan dengan uranium, arsenik, silika, nikel, kromium, dan lain-lain, wajib menerapkan standar keselamatan terpercaya.

5. Memiliki riwayat penyakit atau genetik

Kemungkinan orang akan mengidap kanker yang sama seperti riwayat dalam keluarga. Faktor genetik memegang rekor cukup tinggi untuk penderita kanker paru. Selain itu, riwayat pengobatan dan penanganan penyakit yang lain memiliki peluang menyebabkan kanker paru. Misalnya Anda pernah mengalami kanker payudara dan melakukan terapi radiasi untuk membunuh sel kanker di bagian dada, acap memiliki risiko terkena kanker paru.

Selain beberapa kebiasaan penyebab kanker paru-paru di atas, Anda juga harus mewaspadai konsumsi suplemen atau vitamin tertentu. Pasalnya, ada penelitian yang menyebutkan orang yang merokok aktif berisiko tinggi terkena kanker paru saat mengkonsumsi suplemen beta karoten. Sebaiknya lakukan pemeriksaan berkala ke dokter jika Anda merupakan orang yang masuk dalam salah satu kelompok risiko di atas, ya!

 

Sumber:

https://jogja.tribunnews.com/2018/10/12/8-kebiasaan-yang-picu-kanker-paru-paru?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *