Kapan Anda Harus Mengganti AC Lama dengan AC Baru? 5 Hal ini Bisa Jadi Indikasinya

  • Whatsapp

kapan-anda-harus-mengganti-ac-lama-dengan-ac-baru-5-hal-ini-bisa-jadi-indikasinya

Saat beraktivitas di luar rumah, Anda akan lebih rentan terpapar polusi udara. Udara yang kotor ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan, terutama organ pernapasan. Oleh karena itu keberadaan AC di rumah sangat dibutuhkan. AC ini setidaknya membantu Anda mendapatkan udara yang bersih setelah seharian berkutat dengan polusi udara di jalanan. Untuk itu, segera lakukan tindakan perbaikan apabila mendapati AC tidak dingin.

Read More

Selain membuat ruang di dalam rumah terasa sesak dan panas, AC yang tidak berfungsi dengan baik juga mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkannya. Inilah mengapa melakukan perawatan AC secara rutin sebaiknya dilakukan guna mencegah timbulnya kerusakan yang lebih parah.

Lantas apa saja tanda-tanda Anda harus segera mengganti AC di rumah? Berikut informasinya.

1. AC mengeluarkan suara bising

Pada kondisi normal, AC yang menyala akan memproduksi udara yang bersih dan menyejukkan tanpa mengeluarkan bunyi. Namun jika Anda mendapati AC rumah mengeluarkan suara bising, maka Anda patut curiga. Kondisi seperti ini menjadi indikasi bahwa AC sedang tidak dalam kondisi stabil sehingga membutuhkan perbaikan.

2. AC mengeluarkan udara hangat

Penggunaan AC di rumah bertujuan untuk menjaga kualitas udara sekaligus membuat Anda tidak merasa panas saat berada di dalam rumah. Namun apabila AC justru mengeluarkan udara hangat, ini juga menjadi tanda bahwa AC sedang tidak dalam kondisi normal.

Jangan biarkan kondisi ini berlangsung terus menerus. AC tidak dingin jelas tidak membuat Anda nyaman berada di rumah. Lekas perbaiki, atau ganti AC dengan yang baru.

3. Tagihan listrik membengkak

Tagihan listrik bulanan Anda membengkak? Coba cek, peralatan elektronik manakah yang paling banyak memakan daya listrik. Apabila AC memakan banyak daya padahal AC milik Anda merupakan AC hemat listrik, tentu saja ini adalah sebuah ketidakwajaran.

Apalagi jika dalam keseharian Anda menggunakan AC dalam batas wajar yang mungkin tidak sebanding dengan nilai tagihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan jasa servis AC. Siapa tahu ada komponen AC yang bermasalah sehingga membuat pemakaian daya melebihi batas wajar.

4. Udara yang dihasilkan berbau

Anda pasti merasa tidak nyaman jika AC tiba-tiba mengeluarkan udara yang berbau. Apalagi Anda mengandalkan rumah sebagai tempat untuk istirahat dan bersantai. Udara yang bau ini bisa disebabkan adanya jamur yang menempel pada komponen AC. Selain itu, coba periksa bagian kabel-kabel pada AC, kadang udara menjadi bau karena ada kabel yang terbakar.

5. AC mati sendiri

Pada siang hari yang terik, Anda ingin beristirahat di dalam rumah atau kamar sambil menikmati sejuknya udara dari AC ruangan. Sayangnya, ruangan justru mendadak terasa panas padahal sebelumnya Anda sudah menyalakan AC. Nah, jika AC mendadak mati sendiri, ada kemungkinan AC sudah digunakan terlalu lama dan AC menjadi panas sehingga arus listrik terhenti otomatis.

Namun jika kondisi seperti ini sudah sering terjadi, ada baiknya Anda meminta tukang servis AC untuk mengeceknya.

Demikianlah 5 hal yang mengindikasikan bahwa AC rumah Anda sedang tidak dalam kondisi normal dan membutuhkan perbaikan. Akan tetapi jika AC tidak dingin meski sudah diperbaiki, tidak ada pilihan lain bagi Anda selain membeli AC yang baru. Kalau harus membeli yang baru, upayakan untuk memilih AC yang tidak hanya menawarkan fitur hemat daya, namun pastikan bahwa AC yang dibeli merupakan produk AC yang sudah terjamin kualitasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *