Teknologi

Simak 3 Tips Mengatasi Ancaman Hacker Saat Menggunakan Aplikasi Video Conference

Baru baru ini aplikasi meeting daring banyak digunakan untuk kegiatan meeting saat di rumah maupun sekedar melepas rindu. Namun, penggunaan aplikasi tersebut cukup rawan terhadap peretas yang bisa saja memanfaatkan data pribadi maupun organisasi. Malware bisa saja menyerang melalui izin aplikasi yang buruk ataupun cara lainnya. Berikut ini cara menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi video Conference

Langkah Melakukan Meeting Daring Agar Tetap Aman

1. Mengutamakan Keamanan Jaringan dan Enkripsi

Aplikasi untuk meeting daring sering membutuhkankan Session Boarder Controller (SBC) untuk mengatur traffic, termasuk mencari dan memblok koneksi yang terindikasi malware. Jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu memilih aplikasi yang dilengkapi fitur SBC. Kemudian lakukan pengaturan jaringan secara teratur agar penggunaanya tetap aman. Pastikan juga aplikasi tersebut minimal telah memiliki fitur enkripsi dengan algoritma AES 128 bit.

2. Pengiriman undangan Melalui Jalur yang Aman

Data yang bocor tidak hanya disebabkan karena peretas yang masuk ke dalam sistem. Hal ini juga bisa disebabkan karena ada orang yang tidak berkepentingan secara tidak sengaja mendapatkan akses komunikasi. Penyebabnya bisa saja karena pengaturan yang kurang tepat. Oleh sebab itu, pastikan agar setiap peserta meeting yang diundang mendapatkan permission yang dikirim melalui jalur yang aman dan tidak diketahui pihak lain.

3. Menetapkan kebijakan konferensi video

Penyebab data yang bisa diakses oleh peretas tidak hanya karena faktor keamanan aplikasi. Hal ini juga dapat disebabkan karena kesalahan salah satu peserta yang tidak memahami pentingnya menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi video conference dengan baik. Maka dari itu, anda perlu menetapkan kebijakan konferendi video untuk mengatur bagaimana cara menggunakan sistem maupun perangkat mobile dengan aman.

Itulah tips yang bisa diterapkan untuk menjaga keamanan saat melakukan konferensi video. Selain itu, pastikan juga jika aplikasi yang anda gunakan sudah melakukan pembaharuan. Untuk otentikasi pengguna, anda juga perlu menggunakan sistem masuk tunggal, sehingga tim TI dapat melacak maupun memverifikasi kredensial. Dengan begitu, kegiatan meeting daring bisa mengantisiasi adanya peretas yang masuk ke dalam sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button