Yuk, Cari Tahu Jenis Kain yang Aman untuk Membuat Masker!

  • Whatsapp

yuk-cari-tahu-jenis-kain-yang-aman-untuk-membuat-masker

Keberadaan masker kain sebagai masker non medis sangat populer di kalangan masyarakat. Tak heran jika model dan motifnya sangat bervariasi dari hari ke hari. Masyarakat yang jual masker kain selalu mempunyai kreasi dan ide untuk menarik konsumen. Berbagai pilihan model masker dengan berbagai jenis kain berbeda-beda dijajakan. Tidak sedikit yang memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Read More

Kain untuk Masker

Bervariasinya jenis masker mulai dari model, motif dan bahan membuat Anda mungkin kebingungan untuk menentukannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui masker mana yang mempunyai keamanan paling baik dilihat dari bahan kain yang digunakan. Berikut penjelasan terkait dengan jenis kain yang bisa Anda pilih untuk membuat masker.

1. Kain Katun

Kain jenis ini mudah Anda temukan atau bahkan ada di rumah Anda. Kain katun adalah kain yang pembuatannya berasal dari kain kapas. Jenisnya pun beragam, mulai dari kain katun minyak, paris, satin Jepang dan kain katun Cina. Kain katun ini memiliki kelemahan mudah kusut dan juga cenderung cepat luntur jika dicuci.

Manakah yang bagus untuk masker? Sebenarnya semua jenis kain katun aman dan bagus bila digunakan sebagai masker. Prinsipnya adalah semakin tebal tingkat filtrasinya juga semakin baik. Namun, Anda harus mempertimbangkan kemudahan bernapas pula. Jangan memilih kain katun yang terlalu tebal, setebal jeans misalnnya, sebab akan mempersulit pernapasan.

2. Kain Nilon

Berbeda dengan jenis kain katun, kain nilon ini termasuk kain sintetis yang pembuatannya melibatkan minyak bumi. Oleh sebab itu, kain jenis ini lebih kuat dan ringan dibandingkan dengan kain pada umumnya.

Nilon mempunyai bahan yang mudah dicuci dan dikeringkan. Sehingga efektif jika Anda hanya mempunyai sedikit masker sebagai gantinya. Jenis kain ini banyak dipilih masyarakat yang jual masker kain sebagai bahan unggulannya.

3. Kain tenun

Kain tenun juga bagus digunakan untuk bahan utama pembuatan masker. Jenis kain ini terbuat dari hasil persilangan benang lungsing dan benang pakan. Pewarna alami digunakan untuk memberi warna kain. Kain ini bisa digunakan untuk membuat masker. Jika dibandingkan dengan kain rajut, kain ini memiliki daya saring terhadap debu yang lebih tinggi. Namun, Anda lebih baik menempatkan kain jenis ini pada pilihan terakhir.

Setiap jenis kain masker yang Anda pilih untuk membuat masker mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Saat menjahitnya, perhatikan pula ukuran jarum jahit yang digunakan. Selain itu, jika Anda memutuskan jual masker kain hasil kreasi Anda, pastikan maskernya dalam keadaan bersih. Setelah selesai dijahit, cuci masker dan langsung masukkan pada plastik yang dapat melindungi masker dari debu. Selamat berkreasi, ya dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *